Pages

Monday, 4 April 2016

5 Cara Mudah Meningkatkan Kreativitas Diri



Saat kehabisan ide untuk menghadapi permasalahan dalam pekerjaan atau tugas kuliah, maka apa yang harus Anda dilakukan? Mencari dan menggali sebuah ide bukanlah hal yang terbilang mudah, bagi sebagian orang hal-hal yang berhubungan dengan menggali kreativitas bisa menjadi hal yang sulit sekali untuk dilakukan.

Berikut ini adalah 5 cara mudah meningkatlkan kreativitas diri:
1. Gamestorming: Cara ini membuat proses brainstorming menjadi lebih santai dan menyenangkan. Melatih otak untuk berpikir dengan cara yang berbeda. Bisa melibatkan benda-benda yang biasa ditemukan sehari-hari seperti spidol, post-it, poster, majalah, dan lainnya. Gamestorming meliputi mengajukan pertanyaan (pembukaan, pengarahan, pengujian, percobaan, penutupan), membuat diagram, sketsa ide, permainan kata dan gambar untuk dijadikan bahasa visual dan yang terpenting adalah berimprovasi untuk menciptakan sesuatu yang baru. Contoh: cobalah bermain 20/20 di mana Anda mengeluarkan 20 ide dalam 20 menit. Setelah semua ide dituliskan, Anda bisa mempersempit dan memillih ide mana yang akan diwujudkan.

2. Frame and then Reframe the problem: Seorang profesor dari Standford bernama Tina Seelig mendemonstrasikan kekuatan dari membuat asumsi baru dengan cara menanyakan pertanyaan yang sama persis dengan dua cara berbeda. Contoh, “Berapa jumlah dari 5+5? Sebutkan dua angka yang bila dijumlahkan sama dengan 10?” Jawaban dari pertanyaan pertama memiliki satu tujuan yang pasti, sedangkan pertanyaan kedua bisa dijawab dengan banyak cara. Cobalah untuk mencari cara atau asumsi baru dari sebuah permasalahan yang tengah dihadapi. Dengan begitu Anda akan bisa mendapatkan cara baru dan cara-cara pikir yang produktif.

3. Let it soak: Luangkan waktu beberapa menit untuk beristirahat atau melakukan hal lain yang membuat pikiran Anda menjadi lebih santai dan merasa segar kembali. Dengan sendirinya Anda akan menyediakan sebuah ruangan kosong dalam pikiran Anda untuk menumbuhkan kreativitas.

4. Check your surroundings: Lingkungan sekitar bisa menjadi penghalang atau pendukung kreativitas Anda. Steve Jobs menemukan bahwa dengan berjalan kaki sepanjang Palo Alto bisa menjadi cara yang paling berharga untuk bisa menyelesaikan masalah dan merenungkan produk-produk ciptaannya yang akan membentuk teknologi selamanya. Oleh karena itu tentukan faktor-faktor dari lingkungan sekitar, yang bisa membuat diri Anda menjadi lebih baik mulai dari orang-orang yang tepat, tempat, musik (ada atau tidak) bisa membuat sebuah perbedaan untuk kreativitas diri.

5. Strike while the iron is hot: Begitu Ide telah berhasil mengalir, terus lakukan dan kerjakan hingga selesai (jaga momentum). Hal ini dilakukan agar kreativitas Anda tidak terhenti dan hilang di tengah jalan. Momentum tersebut bagaikan sebuah api yang harus terus dikobarkan!

No comments:

Post a Comment

Ingin tahu lebih detail???

Silakan mengisi data dibawah ini :
Nama :
HP / WA :
Pin BB :

Kami sangat menjaga kerahasiaan data anda

Kerahasiaan data anda sangat kami jaga