Pages

Tuesday 1 March 2016

Kenapa Oriflamean (Part 1)

Hai semua.. Aku mau berbagi cerita ke kalian semua :)
 
Mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan “Oriflame”. Pasti semua orang sudah familiar dengan produknya. Termasuk aku yang dari jaman SMA sudah tahu produk oriflame. Tapi disini, aku mau cerita lebih mendalam tentang oriflame.
 
Dulu aku juga tidak pernah tahu, sistem oriflame itu seperti apa. Tetapi 5 bulan lalu, aku baru tahu tentang sistem yang ada di oriflame. Dan ada beberapa alasan yang membuat aku join di bisnis ini :
1. Low Cost, Low Risk.
Banyak ya dari kita bercita-cita ingin punya usaha sendiri. Tapi untuk membuat suatu usaha itu, tidak hanya dengan modal yang kecil teman-teman.
 
Pengalaman pribadi aku, dulu aku pernah buka usaha sarung jok mobil. Itu butuh modal yang besar, karena kita harus beli mesin jahitnya, beli pola sarung jok mobilnya dan beli keperluan untuk menjahit sarung tersebut.
 
Belum lagi nih teman-teman, kita butuh cari orang yang sudah berpengalaman untuk menjahit sarung jok dan memasang sarung jok.
 
Enak ga? Bisa dibilang enak gak enak teman-teman. Mau tahu alasannya?
1. Lelah dengan tukang, disaat butuh buru-buru, nanti ada yang tidak masuk, sakit, dll.. belum lagi kalau mereka butuh uang.. ujung-ujungnya kasbon. Saat dipotong, bilang jangan dipotong dulu karena dapet mingguannya sedikit.
 
2. Waktu kita bersama keluarga jadi tersita. Karena pengerjaan sarung jok, dari jahit sampai pemasangan butuh waktu 3-4 jam. Kalau 1 mobil teman-teman. Kalau pas ketemu model jok yang sulit, bisa sampai 8 jam. Dan harus selesai sesuai date line. Jadi bisa sampai lembur-lembur.
 
3. Sewa tempat untuk kita usaha. Harus cari tempat yang strategis. Dan harus jadi marketing juga.
 
4. Gaji karyawan. Bagi mereka terkadang gaji mingguan tidak cukup, alhasil kasbon. Nah kalau udah kasbon ini yang bikin pusing kepala.
 
Sampai akhirnya aku tutup usaha aku. Dan suamiku memutuskan untuk kerja lagi. Biasa orang bilang karyawan... hahahaha
 
Nah, alasan memilih oriflame itu karena modalnya “KECIL” hanya 49.900 saja. Lalu resikonya pun “KECIL” karena :
1. Tidak memerlukan tempat untuk berjualan. Kita hanya butuh sebar katalog yang harga katalognya pun murah. Serta tidak perlu stock barang. Karena apa yang dibeli adalah barang pesanan.
2. Tidak perlu tenaga orang lain. Kita hanya perlu jaringan internet, tenaga kita sendiri, dan media sosial. Serta gadget yang kita punya.
3. Bisa kita kerjakan dimana saja. Lagi jalan-jalan di mall, lagi nunggu anak-anak di sekolah, atau dimana pun.
 
Nah, simple kan teman-teman bisnisnya. Itu yang membuat aku memutuskan untuk mencoba menjalankan bisnis ini. Dan akhirnya 6 bulan ini aku merasakan hasilnya.
Mau tau alasan lainnya???
 
Tunggu kelanjutannya ya teman-teman di part 2
Have a nice day and GBU

No comments:

Post a Comment

Ingin tahu lebih detail???

Silakan mengisi data dibawah ini :
Nama :
HP / WA :
Pin BB :

Kami sangat menjaga kerahasiaan data anda

Kerahasiaan data anda sangat kami jaga